Jumat, 22 Maret 2013

Pengertian dan fungsinya kabel Coaxial

Kabel coxial
kabel coaxial adalah sejenis kabel dari tembaga yang diselimuti dengan beberapa pelindung. Pelindung ini terdiri dari pelindung luar, pelindung anyaman tembaga serta isolator plasting. Masing-masing pelindung ini memiliki fungsi tersendiri.
fungsi kabel coxial:
Kegunaan kabel coaxial adalah untuk melakukan transmisi data kecepatan tinggi dan juga digunakan untuk membagi sinyal broadband atau sinyal frekuensi tinggi. Kabel coaxial biasa kita temui pada barang2 elektronik misalnya antena TV.

Kelebihhan dan Kekurangan kabel coaxial:
 Kelebihannya
Layaknya suatu objek, kabel koaksial juga memiliki kelebihan pun kekurangan. Kelebihannya, seperti telah disinggung sebelumnya, sangat baik sebagai transmitter. Kemampuannya jauh lebih prima jika dibandingkan dengan kawat biasa. Kabel koaksial juga cenderung tahan terhadap arus yang semakin mengecil pada frekuensi yang justru meninggi.  Hal ini yang menjadikan kabel coaxial semakin populer dalam hal penggunaan.
 Kekurangannya
Meski demikian, nyatanya kabel coaxial juga memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya adalah biaya perawatan serta pengadaan yang jauh lebih mahal dibandingkan jenis kabel lainnya. Selain itu, optimalisasi fungsi kabel koaksial ikut dipengaruhi oleh kondisi temperatur. Namun hal ini telah diatasi dengan menggunakan sistem penanaman kabel bawah tanah. Tetapi, kembali lagi, sistem ini memerlukan biaya perawatan serta pengadaan yang besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar