Jumat, 22 Maret 2013

Pengertian dan fungsinya hard disk

Pengertian Hard disk
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.
Fungsi Hard disk adalah sebagai media tempat penyimpanansemua data file yang ada pada komputer,termasuk menyimpansistem operasi,dokumen-dokumen,aplikasi-aplikasi, dan data file lainnya. Hard disk memiliki daya tampung data yang berbeda-beda tergantung dari besar kapasitas Hard disk.

Jenis-jenis Hard disk :
  • Maxtor
  • Thosibah
  • Samsung
  • HITACHI Deskstar
  • Western Digital (WD)
  • SEAGATE 
Sejarah Hard disk :
Hard disk pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits atau 5.000.000 bits dan berukuran 24 inch dan menggunakkan single head dalam pengaksessaanya.
Pada tahun 1961 IBM menciptakan HDD dengan menggunakkan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya. Yang disebut juga Disk Storage Unit Control System Meganical International System.
Penemu Hard disk pertama kali di dunia

Penemu Harddisk :
Hard Disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IMD Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

1 komentar: